Laman

Senin, 29 Oktober 2012

Tugas Minggu 5 – Kasus PT Great River


1. Berdasarkan artikel mengani kasus PT Great River yang telah saya baca, menurut saya dapat diidentifikasikan beberapa pelanggaran yang terjadi, yaitu:
  • Justinus terbukti melakukan pelanggaran terhadap Standar Profesi Akuntan Publik (SPAP) berkaitan dengan laporan audit atas laporan keuangan konsolidasi PT Great River International Tbk tahun 2003.
  • Dugaan overstatement karena pencatatan untuk akun penjualan menggunakan metode yang berbeda dari ketentuan yang ada. Perusahaan menyertakan dana bahan baku yang dikeluarkan oleh pemesan sebagai bagian dari pendapatan. Perusahaan menerima order pakaian dari luar negeri dengan bahan baku dari pemesan. Great River hanya mengeluarkan ongkos operasi pembuatan pakaian. Tetapi pada saat pesaan dikirimkan ke luar negeri, nilai eksportnya dicantumkan dengan menjumlahkan harga bahan baku, aksesoris, ongkos kerja, dan laba perusahaan.
  • Adanya konspirasi dalam melakukan audit laporan keuangan tahunan PT Great River.
  • Adanya indikasi penggelembungan akun penjualan, piutang, dan asset hingga ratusan miliar rupiah di Great River. Terdapat indikasi penipuan dalam penyajian laporan keuangan. Bapepam menemukan kelebihan pencatatan penyajian akun penjualan dan piutang dalam laporan tersebut, berupa penambahan asset tetap dan penggunaan dana hasil emisi obligasi yang tanpa pembuktian. Akibatnya Great River mengalami kesulitan arus kas.
2. Menurut saya tidak ada gubungannya antara kesalahan pencatatan atas laporan keuangan dengan kesulitan dalam membayar utangnya. Metode pencatatan seperti itu bertujuan untuk menghindari dugaan dumping dan sanksi perpajakan. Sebab saldo laba bersih tidak berbeda dengan yang diterima perusahaan. Hal itulah yang menjadi pemicu adanya dugaan penggelembungan nilai penjualan sehingga diinterpretasikan sebagai penyembunyian informasi secara sengaja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar